Sabtu, 08 November 2014

Organisasi PT Hero Supermarket Tbk



Perseroan Terbatas : PT Hero Supermarket Tbk 

PT Hero Supermarket Tbk

·         Profil Organisasi
PT Hero Supermarket Tbk merupakan industri ritel pasar swalayan (supermarket) terbesar di Indonesia yang berawal dari sebuah usaha kaki lima gerobag dorong yang berlokasi di Jl. Pintu Besar Selatan pada tahun 1951. Sebelumnya usaha keluarga ini mulai dirintis di Cibadak, Sukabumi. Melihat peluang dan kesempatan yang lebih besar di Jakarta maka akhirnya diputuskan untuk dipindahkan ke ibukota.

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) adalah perusahaan ritel yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Hero Supermarket Group adalah perusahaan ritel modern pertama di Indonesia, didirikan tahun 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia di Jalan Falatehan. Saat ini Hero membidik dasar menengah ke atas.

Konsep toko ini adalah solusi belanja satu tempat untuk kesehatan keluarga. Dimana pelanggan bersama dengan kerabat atau keluarga dapat membeli kebutuhan kesehatan mereka. Diberikan keuntungan dari situasi milenium, Hero Group dapat menghadapinya dengan kegigihan. Dairy Farm Management Service ltd, kembali meyakinkan kepemilikannya akan Hero Group dengan menambahkan lebih banyak modal di tahun 2004. Secara otomatis, jaringan Hero Group mengikuti jaringan yang dimiliki oleh konsorsium ritel terbesar dunia Dairy Farm International Holdings (DFI). Maka dari itu, Hero Group secara resmi menjadi ritel global dari Indonesia dan beroperasi seperti ritel kelas dunia lainnya. Ini adalah perwujudan dari apa yang Kurnia- pendiri Hero inginkan dalam hidupnya. "Dibangun secara lokal, tetapi bekerja dengan standar internasional", kata Kurnia saat mempimpin Hero untuk go public



Saat ini, Hero Supermarket Group merupakan suatu grup ritel yang memiliki berbagai format sebagai berikut:
  • Hero (supermarket)
  • Giant (hypermarket & supermarket)
  • Guardian (drug store)
  • Starmart (convenience)
Tahun 1954 Hero mulai “dibesarkan” dengan didirikannya CV. Hero untuk keperluan mengimpor produk makanan dan minuman dari luar negeri. Usaha tersebut ternyata berkembang pesat sehingga di tahun 1971 gerai Hero yang pertama resmi dibuka. Gerai pertama Hero Mini Supermarket tersebut berlokasi di Jalan Faletehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan diresmikan pada tanggal 15 Agustus 1971 oleh M.S. Kurnia (Alm.). 

Pertama kali PT Hero Minimarket go public adalah pada tanggal 30 Juni 1989 dengan menjual sahamnya pada masyarakat luas dan sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan retail pertama yang go public dan resmi bernama PT Hero Supermarket Tbk. Melihat besarnya respon dan peluang pasar yang ada, maka pada Februari 1998 PT Hero Supermarket Tbk. memutuskan beraliansi dengan Dairy Farm Hongkong yang juga sekaligus menyumbangkan pengalaman internasional dan keahlian yang besar manfaatnya bagi manajemen Hero.

PT Hero Supermarket Tbk telah mendirikan berbagai gerai yang tersebar diseluruh Indonesia dimana gerai-gerai tersebut adalah Hero Supermarket, Giant Ekstra, Giant Ekspres, Star Mart Convenience Store dan Guardian Health and Beauty Store. Pada tahun 2014 nanti PT Hero Supermarket Tbk akan menambahkan satu gerainya lagi, yaitu IKEA yang menyediakan berbagai kebutuhan perkakas rumah.

Kepemilikan Hero diambil alih oleh Giant. Dominasi raksasa ritel asal Hong Kong, Dairy Farm, di PT Hero Supermarket Tbk (HERO) semakin kokoh. Ini terjadi setelah PT Hero Pusaka Sejati, salah satu pemegang saham HERO, melepas 24,54% sahamnya kepada Mulgrave Corporation B.V. yang merupakan anak usaha Dairy Farm.

Pada November 2013, tercatat bahwa PT Hero Supermarket Tbk telah memiliki 37 cabang HERO, 49 cabang Giant Ekstra, 112 cabang Giant Ekspres, 289 cabang Guardian Health and Beauty Store dan 151 cabang Star Mart Convenience Store di seluruh Indonesia. 
·         Tujuan Organisasi
Visi PT Hero Supermarket Tbk: 
Menjadi peritel terkemuka di Indonesia dalam segi penjualan dan penciptaan nilai jangka panjang bagi pemegang saham.

Misi PT Hero Supermarket Tbk: 
Meningkatkan nilai investasi pemegang saham kami melalui keberhasilan komersial dengan menarik pelanggan dan meningkatkan daya saing yang mantap.

·         Fungsi Sosial PT Hero Supermarket Tbk: 

- Memberi Kesempatan Kerja

PT Hero Supermarket Tbk sampai tahun 2013 sudah memberikan kesempatan bekerja kepada ± 15.000 masyarakat Indonesia.

- Kesejahteraan Karyawan

Gaji memadai diatas Upah Minimum Propinsi (UMP), mendapatkan tunjangan kesehatan, hari tua, kecelakaan, kematian, uang makan dan uang transport. 

- Kepemilikan Umum 

Hero merupakan perusahaan terbuka (Go Public) sehingga saham Hero dapat dimiliki oleh masyarakat. 

- Kegiatan Sosial Masyarakat

Membantu menyediakan bahan pangan yang baik dan sehat, membantu meningkatkan penghasilan pemerintah melalui kontribusi pajak dan meramaikan bursa efek.
·         Struktur Organisasi
 
Gambar 1. Struktur Organisasi PT Hero Supermarket Tbk
Untuk melihat jelas gambarnya, lihat di link ini.

  • Proses Organisasi
Alur interaksi PT Hero Supermarket Tbk cabang, PT Hero Supermarket Tbk pusat, Gudang dan Supplier selengkapnya dijelaskan sebagai berikut:

(1) Gerai-gerai cabang PT Hero Supermarket Tbk berinteraksi dengan PT Hero Supermarket Tbk pusat di Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat setiap saat.  Transfer data dilakukan setelah toko tutup (malam hari) untuk memberi dan menerima informasi mengenai jumlah penjualan, unit yang terjual, jenis barang yang terjual, jenis barang yang perlu dibeli dan perubahan harga barang. Data yang terkumpul dan tersimpan dalam basis data bank kemudian diakses dari komputer server yang selanjutnya dikirim ke PT Hero Supermarket Tbk pusat dengan internet menggunakan telephone line. Sistem informasi terjadi dalam dua arah yaitu PT Hero Supermarket Tbk cabang ke PT Hero Supermarket Tbk pusat dan PT Hero Supermarket Tbk pusat ke PT Hero Supermarket Tbk cabang. Informasi yang disampaikan berupa perubahan-perubahan harga yang terjadi ataupun informasi lainnya yang dibutuhkan oleh PT Hero Supermarket Tbk cabang.

(2) PT Hero Supermarket Tbk pusat berinteraksi dengan Gudang PT Hero Supermarket Tbk  untuk memberi dan menerima informasi mengenai jenis barang yang perlu dikirim ke tiap gerai PT Hero Supermarket Tbk di seluruh Indonesia, jumlah tiap jenis barang yang masih tersedia di gudang dan jenis barang yang perlu dipesan/ beli. 

(3) Gerai PT Hero Supermarket Tbk cabang berinteraksi timbal balik dengan Gudang PT Hero Supermarket Tbk untuk memberi dan menerima informasi mengenai jenis dan jumlah barang yang perlu dikirim ke PT Hero Supermarket Tbk cabang.
(4) PT Hero Supermarket Tbk cabang berinteraksi dengan pihak Supplier dengan memberikan daftar barang yang akan dibeli (purchase order)
 
(5) PT Hero Supermarket Tbk pusat mendapatkan informasi tagihan dari Supplier atas pengiriman barang yang diperlukan atau dibeli oleh PT Hero Supermarket Tbk cabang.

(6) Supplier mengkomunikasikan perihal pemesanan barang oleh PT Hero Supermarket Tbk dengan memberikan informasi jadwal pengiriman barang ke gudang milik PT Hero Supermarket Tbk.

Sumber:
https://www.hero.co.id/corporate/data/user/news/2013-11-08-Penyampaian-Materi-Public-Expose-Tahunan-2013.pdf
irma-elita.blogspot.com

1 komentar:

  1. Biasanya di hero bagian apa yang membuat PO
    Dan faktur yg dari supllier penjualan atau pembelian ha

    BalasHapus